Ide-ide itu menyeruak hadir, tumpah lantah dan berserakan dimana-mana. Layaknya sebuah Kehadiran yang tiba-tiba, Sayapun tidak siap menyambutnya. Hanya beberapa saja yang dapat dikumpulkan untuk disatukan menjadi recik-recik bait pemikiran. Tulisan-tulisan ini belumlah sempurna, layaknya atom yang mencari lintasannya, tulisan ini juga terus berusaha mencari maqomnya menuju pencapaian penyempurnaan. Hanya harapan, semoga dapat tercerahkan dengan tulisan-tulisan yang tergerak muncul disini.

Friday, January 6, 2012

Resensi Buku (2) Komitmen Muslim Sejati











Syaikh Fathi Yakan memberikan definisi bahwa menjadi muslim adalah berafiliasi kepada islam, afiliasi ini dalam cakupan luas makna keanggotaan terhadap sesuatu yaitu hingga memiliki karakteristik yang baku berlaku bagi seluruh anggota. Menjadi muslim berarti menjadi orang yang berserah diri pada karakter baku yang berlaku dalam agama Islam.
Kalau dalam edisi terjemahan Era Intermedia diungkapkan : ”Pengakuan sebagai muslim bukanlah klaim terhadap pewarisan, bukan klaim terhadap suatu identitas, juga bukan klaim terhadap suatu penampilan lahir, melainkan pengakuan untuk menjadi penganut Islam, berkomitmen kepada Islam, dan beradaptasi dengan Islam dalam setiap aspek kehidupan.” (hal.15 – era intermedia)

Syaikh Fathi Yakan sejatinya mengkategorikan ada dua level keanggotan, yaitu level dasar dengan karakter berafiliasi kepada Islam, dan level aktivis pergerakan islam.
Dalam edisi arab yang dibaca hal ini tidak tercantum dengan eksplisit,
Namun dalam edisi terjemah dan versi website pembagian ini sangat jelas.

Karakter Dasar seorang muslim untuk dapat dikategorikan muslim level pertama, yaitu mereka yang berafiliasi pada islam adalah :



PERTAMA, SAYA HARUS MENGISLAMKAN AKIDAH SAYA
Konsekuensi dari hal ini, maka kita harus:
1. Meyakini bahwa ALLAH adalah pencipta semesta, Maha Tahu, Maha Kuat, dan harus disembah
2. Meyakini bahwa ALLAH menciptakan alam semesta ini tidaklah secara sia-sia
3. Meyakini bahwa ALLAH mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab untuk mengenalkan manusia kepada pengetahuan tentang Dia, tujuan penciptaan mereka, awal kejadian, dan tempat kembali nanti
4. Meyakini bahwa tujuan keberadaan manusia adalah untuk mengenal ALLAH
5. Meyakini bahwa balasan bagi orang mukmin yang taat adalah surga, sedangkan yang kafir adalah neraka
6. Meyakini bahwa manusia melaksanakan kebajikan dan kejahatan dengan ikhtiar dan kehendaknya, akan tetapi ia tidak bisa melaksanakan kebaikan kecuali dengan taufik dan pertolongan ALLAH
7. Meyakini bahwa menetapkan syariat merupakan hak ALLAH yang tidak boleh dilanggar
8. Mengetahui nama-nama dan sifat-sifat ALLAH yang selaras dengan keangungan-Nya
9. Bertafakkur mengenai ciptaan ALLAH, bukan mengenai dzat-Nya
10. Meyakini bahwa sifat-sifat Allah menunjukan otoritasnya sebagai Tuhan, sifat-sifat yang terdapat pada tanda-tanda kekuasaan dijagad semesta
11. Meyakini bahwa pendapat para salaf lebih utama untuk diikuti, khususnya dalam persoalan takwil dan ta’thil serta menyerahkan pengetahuan mengenai makna-makna ini kepada ALLAH
12. Menyembah ALLAH tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun
13. Takut kepada-Nya dan tidak takut kepada selain-Nya
14. Mengingat-Nya dan senantiasa mengingat-Nya.
15. Mencintai ALLAH dengan kecintaan yang menjadikan hati senantiasa merindukan keagungan-Nya
16. Bertawakkal kepada ALLAH dalam segala keadaan dan menggantungkan diri kepada–Nya
17. dalam segala urusanBersyukur kepada-Nya atas segala nikmat-Nya yang tak terhitung
18. Beristigfar memohon ampunan-Nya
19. Senantiasa menyadari pengawasan ALLAH dalam keadaan sendiri maupun di tengah-tengah manusia

KEDUA, SAYA HARUS MENGISLAMKAN IBADAH SAYA
1. Beribadah dengan khusyuk sehingga bisa menghayati kehangatan komunikasi dengan ALLAH
2. Sepenuh hati dalam beribadah
3. Tamak dari beribadah, tidak pernah merasa puas
4. Memiliki keinginan besar untuk melaksanakan qiyamullail (shalat malam). Firman ALLAH dalam Al-Muzammil 6, ”Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.”
5. Menyediakan waktu untuk membaca dan merenungkan firman ALLAH dalam Al-Qur’an. Rasulullah bersabda, “Seutama-utama ibadah umatku adalah membaca AL-Qur’an.” (HR.Abu Na’im, dalam Fadhailul Qur’an)
6. Doa harus menjadi tanggaku dalam memohon kepada ALLAH dalam setiap keadaan.


KETIGA, SAYA HARUS MENGISLAMKAN AKHLAK SAYA
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad, Rasululllah bersabda, ”Sesungguhnya Aku diutus oleh ALLAH untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”
Suatu waktu, seperti yang diriwayatkan Ahmad, Rasulullah ditanya, ”Apakah agama itu?”
Beliau menjawab, ”Akhlak yang baik.”
Kemudian beliau ditanya tentang kesialan. Beliau menjawab, “Akhlak yang buruk.”
sifat-sifat yang melekat dalam diri seorang Mukmin adalah
1. Bersikap wara’ (hati-hati) terhadap syubhat
2. Menahan pandangan (ghadul bashar)
3. Menjaga lidah
4. Malu (haya’)Pemaaf dan sabar
5. Jujur
6. Rendah hati
7. Menjauhi prasangka, ghibah, dan mencari cela sesama muslim
8. Dermawan dan pemurah
9. Menjadi teladan yang baik

KEEMPAT, SAYA HARUS MENGISLAMKAN KELUARGA DAN RUMAH TANGGA SAYA
Dalam At-Tahrim ayat 6, ALLAH berfirman, ”Hai orang-orang yang beriman, peliharah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai ALLAH terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Beberapa hal yang ditekankan dalam bagian ini adalah:
1.Tanggungjawab pernikahan
-Pernikahan harus dilaksanakn semata-mata karena ALLAH
-Hendaklah salah satu tujuan pernikahanku adalah menahan pandangan, memelihara kemaluan, dan bertakwa kepada ALLAH
-Memilih istri dengan sebaik-baiknya. Rasulullah bersabda, “Hendaklah kalian memilih untuk nutfah kalian, karena gen itu dapat menurun (niza’).”
-Memilih wanita yang berakhlak dan beragama
-Berhati-hati jangan sampai melanggar perintah ALLAH dalam pernikahan
2.Tanggungjawab pasca pernikahan
-Bersikap baik dan menghargai istri agar tumbuh kepercayaan antara satu dan lainnya. Rasulullah bersabda, ”Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik kepada istrinya, dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap istriku.” (HR.Ibnu Majah dan Hakim)
-Jangan sampai hubungan dengan istri hanya sebatas ranjang dan nafsu. Lebih penting lagi adalah kesesuaian dalam pemikiran, spiritual dan emosi. ALLAH berfirman dalam Thaha ayat 132, “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.”
-Hubungan dengan istri dengan tuntunan syara’. Rasul bersabda, “Tidaklah seseorang menuruti istrinya dalam hal yang diinginkan nafsunya, kecuali ALLAH pasti menelungkupkan wajahnya di neraka.” Dalam kesempatan lain, beliau berkata, “Sungguh celaka budak istri.”
3.Tanggungjawab bersama dalam mendidik anak
Pada hakikatnya, buah yang diharapkan dari terbentuknya rumah tangga muslim adalah memunculkan keturunan yang shaleh.
Dalam Al-Furqan, ayat 74, ALLAH berfirman, “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”
Rasulullah bersabda, “Tiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Muttafaq ilaih)
Selain itu, Rasul juga berkata, ”Tidaklah seorang ayah memberi kepada anaknya suatu pemberian yang lebih utama daripada adab yang baik.” (HR. Tirmidzi)

KELIMA, SAYA HARUS MENGALAHKAN NAFSU SAYA
ALLAH berfirman, ”Dan demi jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka ALLAH mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya, beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (Asy-Syams: 7-10)
Beberapa hal yang dibahas dalam point kelima ini adalah:
1.Sifat-Sifat Manusia
Dalam pergulatan melawan hawa nafsu, manusia terbagi menjadi beberapa tipe:
-Yang dikalahkan oleh nafsu mereka. Mereka cenderungan pada kehidupan dunia. Mereka adalah orang-orang kafir yang melupakan ALLAH.
-Yang bersungguh-sungguh memerangi nafsunya. Terkadang menang, terkadang kalah. Mereka berbuat kesalahan, tetapi kemudian bertaubat.

ALLAH berfirman, ”Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan ALLAH, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain ALLAH? Dan merekatidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (Ali-Imran:135)

Rasulullah bersabda, ”Setiap anak Adam banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang banyak melakukan kesalahan adalah orang-orang yang banyak bertaubat.” (HR.Ahmad dan Tirmidzi)
Relevan dengan hadits ini, ada sebuah riwayat dari Wahab bin Munabih. Ia berkata, “Sesungguhnya Iblis pernah berjumpa dengan Yahya bin Zakaria. Lalu, Yahya bin Zakaria berkata kepadanya, “Beritahulah aku tentang karakter anak Adam dalam pandangan kalian!”
Iblis menjawab, “Segolongan dari mereka adalah orang-orang sepertimu yang maksum. Kami sama sekali tidak mampu berbuat apa-apa untuk menggoda mereka. Golongan kedua adalah orang-orang yang di tangan kami ibarat sebuah bola yang ada di tangan anak-anak kalian. Keadaan diri mereka sendiri telah memberi peluang bagi kami, sehingga kami tidak perlu bersusah-susah menggoda mereka. Dan golongan ketiga adalah orang-orang yang paling menyulitkan kami. Kami selalu mendatangi mereka, tetapi setelah kami memperoleh apa yang kami hajatkan darinya, lantas ia tiba-tiba beristigfar memohon ampun sehingga istigfar itu merusak apa yang telah kami peroleh darinya. Jadi, kami tidak pernah putus asa menggodanya, tetapi kami juga tidak pernah mendapatkan apa yang kami perlukan darinya.”
2.Perangkat-Perangkat untuk Memenangkan Pertarungan Melawan Hawa Nafsu
-Hati. Ali bin Abi Thalib berkata, ”Sesungguhnya ALLAH memiliki bejana di bumi-Nya, yaitu hati. Maka, hati yang paling dicintainya adalah hati yang paling lembut, jernih dan kukuh.”
-Akal. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa dikehendaki baik oleh ALLAH, niscaya Ia memahamkannya mengenai agama.” (HR.Muslim)

3.Indikasi-Indikasi Kekalahan Akhlak
Fathi Yakan menulis, ”Sesungguhnya, ketika hati mati atau mengeras, ketika akalnya padam atau menyimpang, dan ia kalah dalam peperangannya melawan setan, ketika itu banyak pintu kejahatan di dalam dirinya sendiri dan setan mengalir di dalam diri anak Adam sebagaimana aliran darah.” (hal.72)

4.Sarana-sarana untuk membentengi diri dari masuknya setan
Setan mendatangi manusia dari 10 pintu:
Pertama, ambisi dan buruk sangka
Kedua, kecintaan terhadap dunia dan panjang angan-angan
Ketiga, keinginan untuk santai dan bersenang-senang
Keempat, bangga diri
Kelima, meremehkan dan kurang menghargai orang lain
Keenam, dengki
Ketujuh, riya’
Kedelapan, kikir
Kesembilan, sombong
Kesepuluh, tamak

KEENAM, SAYA HARUS YAKIN BAHWA MASA DEPAN ADALAH MILIK ISLAM
Keyakinan ini didorong oleh beberapa faktor:
1.Rabbaniyyah Manhaj Islam
2.Universalitas Manhaj Islam
3.Elastisitas Manhaj Islam
4.Kelengkapan Manhaj Islam
5.Keterbatasan sistem-sistem “wadh’iyyah”

Fathi Yakan menulis bahwa level berikutnya dari seorang muslim adalah level aktivis, Yaitu mereka yang memiliki afiliasi terhadap gerakan Islam. Ia menulis sebagai berikut, ”Dasar untuk mengaku sebagai aktivis pergerakan Islam adalah hendaknya pada diri seseorang telah terwujud semua sifat dan karakteristik pengakuannya sebagai Muslim. Inilah yang menjadikan pergerakan Islam memberikan perhatian terhadap kaderisasi, agar muncul individu Muslim yang benar keislamannya, sebelum menyiapkannya sebagai aktivis pergerakan.” (hal.83, era intermedia)

Karakteristik yang harus dimiliki oleh setiap Muslim agar pengakuan keislamannya benar, sebagai berikut:
PERTAMA, SAYA HARUS HIDUP UNTUK ISLAM
Manusia terbagi menjadi tiga golongan:
1.Golongan yang hidup untuk dunia. Kaum materialis. Oleh Al-Qur’an, mereka disebut sebagai “dahriyin”.
2. Golongan yang tercampakkan di antara dunia dan akhirat. Mereka menjalankan agama secara ritual, formalitas belaka. Akan tetapi keyakinannya goyah.
3.Golongan yang menganggap dunia sebagai lahan bagi kehidupan akhirat.
”Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (Al-An’am: 32)
Bagaimana saya hidup untuk Islam?
1.Mengetahui tujuan hidup
2.Mengetahui nilai-nilai dunia dibandingkan dengan akhirat
“Dunia adalah penjara orang mukmin dan surga orang kafir” (HR.Muslim)
3.Menyadari bahwa kematian pasti datang dan mengambil pelajaran darinya
”Kubur adalah satu taman diantara taman-taman surga atau satu parit di antara parit-parit neraka.” (HR.Thabrani)
4.Mengetahui hakikat Islam
5.Mengetahui hakikat jahiliyah
Rasulullah berkata, ”Barangsiapa mempelajari bahasa suatu kaum, maka ia akan aman dari tipu daya mereka.”

KEDUA, SAYA HARUS MEYAKINI KEWAJIBAN MEMPERJUANGKAN ISLAM
Memperjuangkan Islam adalah wajib. Hal ini bisa dilihat dari beberapa sudut pandang:
1.Kewajibannya sebagai prinsip
2.Kewajibannya sebagai hukum
3.Kewajiban menegakkan Islam sebagai kebutuhan darurat
4.Kewajiban secara individu dan kolektif
5.Barangsiapa berjihad, sesungguhnya ia berjihad untuk dirinya sendiri

KETIGA, MEMAHAMI PERGERAKAN ISLAM; MISI, KARAKTERISTIK, DAN PERLENGKAPANNYA
1.Misi Pergerakan Islam. Tegaknya agama ALLAH di muka bumi.
2.Karakteristik dasar pergerakan Islam:
-Rabbaniyyah (Ketuhanan)
-Pergerakan independen
-Pergerakan progressif
-Pergerakan komprehensif
-Menjauhi Perselisihan fiqih
3.Spesifikasi Gerakan Islam
-Jauh dari kekuasaan para penguasa dan politikus, walau di antara anggotanya ada yang menjadi penguasa dan politikus
-Memiliki tahapan dalam dakwahnya. Imam Hasan Al-Banna, dalam Risalah Ta’alim, menjelaskan bahwa dakwah ini memiliki tiga tahapan: ta’rif (pengenalan), takwin (pembentukan), dan tanfidz (pelaksanaan).

Menyebarkan fikrah umum kepada masyarakat, sarananya adalah pengajian dan bimbingan, pendirian lembaga-lembaga yang bermanfaat, serta sarana-sarana operasional lainnya. Tahapan Ta’rif

Menyaring unsur-unsur yang baik untuk memikul beban-bedan jihad dan membentuk sinergi satu sama lain. Aturan dakwah dalam tahapan ini adalah sufi murni dilihat dari aspek spiritual dan militer murni dilihat dari aspek operasional. Pada tahapan ini tidak ada yang berhubungan Tahapan Takwin dengan dakwah selain orang yang memiliki kesiapan sejati untuk memikul beban-beban jihad yang panjang dan banyak tanggungjawab. Tanda-tanda pertama kesiapan adalah ketaatan yang penuh.

Dakwah pada tahapan ini berupa jihad tanpa kompromi, aktivitas berkesinambungan dalam rangka mencapai tujuan, serta ujian dan cobaan yang tidak mungkin mampu bersabar menghadapinya selain orang-orang yang tulus. Tidak ada yang menjamin kesuksesan dalam periode ini selain ketaatan yang penuh pula. Tahapan Tanfidz

-Mengutamakan aktivitas dan produktivitas ketimbang klaim dan propaganda
-Mengatur napas yang panjang
-Nyata dalam aktivitas, rahasia dalam organisasi
-Uzlah kejiwaan, bukan fisik
-Tujuan tidak menghalalkan segala cara

4.Perlengkapan Pergerakan Islam
-Memiliki keimanan yang kuat
-Meyakini jalan yang mereka tempuh, keistimewaan dan kebaikannya
-Meyakini persaudaraan serta hak-hak dan kesakralannya
-Meyakini agung dan besarnya pahala
-Meyakini akan diri sendiri

KEEMPAT, SAYA HARUS MENGETAHUI JALAN PERJUANGAN ISLAM
Imam Syahid Hasan Al-Banna, dalam Majmu’atur Rasail , melukiskan potret pejuang Islam sebagai berikut:
”Wahai para ikhwan, kalian bukanlah organisasi sosial, bukan partai politik, bukan pula organisasi domestik yang memiliki keterbatasan tujuan. Tetapi kalian adalah ruh baru yang mengalir di dalam hati sanubari umat ini, kemudian dihidupkan oleh ALLAH dengan cahaya Al-Quran. Kalian adalah cahaya baru yang bersinar terang, yang akan memorak-porandakan kegelapan hidup hedonistis dengan makrifatullah. Ketahuilah, kalian adalah suara yang bergaung keras dengan menggemakan seruan Rasulullah Saw.”

KELIMA. SAYA HARUS MENGETAHUI DIMENSI AFILIASI SAYA KEPADA PERGERAKAN ISLAM
1.Afiliasi dalam akidah
Yaitu, suatu keanggotaan yang mengharuskan setiap anggotanya ta’at kepada ketetapan Allah
2.Afiliasi dalam tujuan, selalu menyamakan tujuan akhir dengan jama’ah, tidak terbatas pada hal, kondisi, usia, dan ruang


KEENAM, SAYA HARUS MENGETAHUI POROS-POROS PERJUANGAN ISLAM
Tiga Poros Perjuangan Islam :
1.Kejelasan tujuan
2.Kejelasan jalan
3.Komitmen terhadap jalan Rasul Saw.

Rasulullah berkata, ”Mukmin yang kuat itu lebih dicintai ALLAH daripada mukmin yang lemah.” (HR.Muslim) Posisi Kekuatan Fisik dalam Strategi Pergerakan

KETUJUH, Saya Harus Mengetahui Persyaratan Baiat Dan Keanggotaan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
1.Kualitas bukan kuantitas
2.Baiat dan hukumnya
3.Ketaatan dan hukumnya
4.Rukun-Rukun baiat
5.Kewajiban-Kewajiban Akhi Musli

ADA SATU POINT yang terdapat pada buku arab yang dibaca, tetapi tidak terdapat dalam edisi terjemahan era intermedia, maupun edisi website, yaitu

SAYA MENJADI MUSLIM, BERSERAH DIRI PADA ALLAH TA’ALA DALAM HAL HUKUM DAN PERUNDANG-UNDANGAN
Artinya adalah :
- Meyakini bahwa hak menentukan hukum ada pada Allah SWT,
45. ... Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.
49. dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), Maka ketahuilah bahwa Sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. dan Sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.
50. Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ?
(Al Maidah :45, 49-50)

- Menta’ati Allah dalam hukum dapat dimulai dengan meyakini bahwa Allah Maha mengetahui segala sesuatu dan apa yang ditetapkan oleh Allah sebagai sistem perundang-undangan sesuai dengan karakteristik manusia yang Allah lebih mengetahuinya
19. Dia mengetahui pandangan mata terhadap apa yang dilarang dan apa yang disembunyikan oleh hati. (Ghafir : 19)

- Memiliki logika, bahwa Allah lah yang paling mengetahui maka, maka Allah pula lah yang berhak memutuskan segala urusan dan perkara
54. .... Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Tuhan semesta alam. (al ‘Araaf : 54)

Point tersebut terdapat sesudah point akhlaq

No comments: