Ide-ide itu menyeruak hadir, tumpah lantah dan berserakan dimana-mana. Layaknya sebuah Kehadiran yang tiba-tiba, Sayapun tidak siap menyambutnya. Hanya beberapa saja yang dapat dikumpulkan untuk disatukan menjadi recik-recik bait pemikiran. Tulisan-tulisan ini belumlah sempurna, layaknya atom yang mencari lintasannya, tulisan ini juga terus berusaha mencari maqomnya menuju pencapaian penyempurnaan. Hanya harapan, semoga dapat tercerahkan dengan tulisan-tulisan yang tergerak muncul disini.

Friday, January 6, 2012

Resensi Buku (1) Komitmen Muslim Sejati

Pada kesempatan ini saya akan mencoba meresensi sebuah buku yang sangat Luar Biasa.

Buku tersebut adalah karya seorang tokoh yang dijuluki Penyeru Islam (الدَّاعِيَة الإِسلاَمِي) yaitu Syaikh Dr Fathi Yakan.

Buku yang berjudul asli (مَاذَا يَعْنِي انْتِمَائِي لِلْإسْلاَمِ) (مَاذَا يَعْنِي انْتِمَائِي لِلْإسْلاَمِ) akan berarti secara harfiah “Apa yang dimaksud dengan afiliasiku terhadap islam?” secara retorik buku di Indonesia diterjemahkan dengan dua versi judul – pertama “Komitmen Muslim terhadap Harakah Islamiyah – Najah Press Jakarta” dan “Komitmen Muslim Sejati – Era Intermedia Solo”.

Sebelum kita masuk dalam pembahasan resume buku, alangkah baiknya jika dapat mengenal lebih dekat dengan syaikh Fathi Yakan.


Nama Lengkapnya adalah Fathi Muhammad ‘Inayah, adapun nama Yakan adalah nama kakek. Lahir di Tripoli Libanon, pada 9 februari 1933. Menikah dengan Dr Muna Hadad, dikarunia satu putra dan 4 putri. Bersama istrinya membangun universitas al Jinan di Libanon.

Pendidikan Diploma pada Teknik Elektro dan mendapat gelar Doktor Honoris Causa dalam Studi Islam dan Bahasa Arab.

Beliau bergabung dengan jama’ah ikhwanul Muslimin dan menjadi Amin ‘Am Jama’ah di Lebanon sepanjang 30 tahun mulai 1962-1992. Pada tahun 1992 terpilih menjadi anggota parlemen Libanon.

Tokoh ikhwah yang banyak mempengaruhi beliau adalah Sayyid Qutb, sehingga rona fundamental dapat kita temukan dalam pemikirannya. Kedekatan pemikiran dengan Sayyid Qutb ini menjadikannya sebagian menjulukinya tangan kanan sayyid qutb. Rona moderat diperolehnya dari Syaikh Musthafa as Siba’i, muraqib ‘aam jama’ah ikhwanul Muslimin di Syiria. Secara kultur Lebanon dan Syiria sangat dekat, sebagai penduduk arab satu kawasan, kawasan yang dikenal dizaman Rasulullah sebagai Syam.

Beliau wafat pada 13 Juni 2009. Meninggalkan jejak dakwah hebat dan pemikiran yang lengkap, seimbang antara militansi dan toleransi.

Dinobatkan pula sebagai tokoh rekonsiliasi sunni syiah di Lebanon.


Bersambung...

No comments: