Ide-ide itu menyeruak hadir, tumpah lantah dan berserakan dimana-mana. Layaknya sebuah Kehadiran yang tiba-tiba, Sayapun tidak siap menyambutnya. Hanya beberapa saja yang dapat dikumpulkan untuk disatukan menjadi recik-recik bait pemikiran. Tulisan-tulisan ini belumlah sempurna, layaknya atom yang mencari lintasannya, tulisan ini juga terus berusaha mencari maqomnya menuju pencapaian penyempurnaan. Hanya harapan, semoga dapat tercerahkan dengan tulisan-tulisan yang tergerak muncul disini.

Wednesday, February 18, 2009

Outbound Grand Clossing PAAI Unjani Bandung


Outbound ini hanyalah bagian dari rangkaian Grand clossing mentoring Unjani tak ada yang spesial tapi bolehlah klo dibilang berkesan dihati...
Tema yang dipake dalam outbound kali ini adalah Ukhuwah islamiyah, memakai system Wide game dengan Metode Experiential Learning (Belajar dari Pengalaman).
Alur yang Dipake juga sederhana, sesuai dengan temanya Ukhuwah, seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam ukhuwah sendiri itu ada tingkatannya.
Alur yang Pertama: Ta'aruf {Saling Mengenal) Biar kita saling mengenal...


Game Ta'aruf PTK (Penebang, Tupai, Kebakaran) Game ini bertujuan untuk mengakrabkan, karena sedikit di modif akh ardian unutuk mengenal satu sama lain, tiap-tiap perpindahan harus menghafal nama sahabatnya yg jadi pohon dan sebaliknya pohon harus menghafal tupai yang higap dipohonnya...

Ini tahapan berikutnya dalam ukhuwah yaitu Tafahum (saling memahami), dan Takaful (saling menanggung beban) untuk mencapai tujuan ukhuwah (persaudaraan) kita harus saling memahami dan siap menangung beban saudaranya. Game yang dipakai adalah Kapal Karam. Berisi Pengorbanan Al Akh kepada Ikhwah yg lain... Game terakhir adalah Trust Fall.

1 comment:

LPSDM MIM said...

Subhanallaah,
sangat luar biaaasa.
semoga tetap SEMANGAT dan
ISTIQOMAH!!

Syukron ats inspirasi2nya,
Jazaakallaahu ahsanul jazaa
ALLAAHU AKBAR!!