Ide-ide itu menyeruak hadir, tumpah lantah dan berserakan dimana-mana. Layaknya sebuah Kehadiran yang tiba-tiba, Sayapun tidak siap menyambutnya. Hanya beberapa saja yang dapat dikumpulkan untuk disatukan menjadi recik-recik bait pemikiran. Tulisan-tulisan ini belumlah sempurna, layaknya atom yang mencari lintasannya, tulisan ini juga terus berusaha mencari maqomnya menuju pencapaian penyempurnaan. Hanya harapan, semoga dapat tercerahkan dengan tulisan-tulisan yang tergerak muncul disini.

Friday, April 25, 2008

Game SAMAA...

Modification and Design By Wanda Yulianto
Nama Game: SAMAA.....
Gambaran: Game ini termasuk ice breaking untuk para peserta suatu mentoring/pelatihan yang pada awalnya sempat terjadi perbedaan pendapat disaat berdiskusi. Mentor dapat menggunakannya untuk mengkondisikan mentee agar tenang dan bisa kosentrasi lagi untuk berdiskusi. Konsep dasarnya Hypnosis, dimulai dari trance ringan dan kemudian masuk ke emosi peserta.
Tujuan:
a. Mencairkan suasana dan mengingatkan peserta, bahwa kita semua sama tidak ada perbedaan, yang membedakannya adalah ketaqwaan kita kepada tuhan.
b. Menambah keakraban antar peserta mentoring/training dan mempererat rasa persaudaraan dari kesamaan peserta.
Waktu: 10 menit, tetapi jika mentor/fasilitator ingin membingkai untuk tujuan khusus, misalnya dengan membahas tingkat kosentrasi peserta, dapat juga melewati waktu 10 menit.
Jumlah Orang: Tidak ada batasan, asal bisa berpasangan dan fasilitator dapat mengamatinya dengan cukup baik.
Bahan/alat yang diperlukan: Tidak ada
Prosedur:
a. Mentor meminta para peserta (Mentee) untuk berpasangan, dan pastikan tiap orang harus punya pasangan masing-masing.
b. Minta Mentee untuk berhadapan dan saling pandang. Katakan Mereka harus kosentrasi dan melihat wajah pasangannya sampai terbayang wajahnya.
c. Mentor mengiringi dengan kata Afirmasi “(Samaa.)”
d. Minta semua peserta untuk memejamkan mata dan membayangkan wajah pasangannya. (Mentor tetap menyebutkan kata Afirmasi “Sama”)
e. Dalam hitungan 1-3 minta semua peserta untuk buka mata dan langsung “suit”.
f. Waktu yang diberikan 5-10 menit tergantung jumlah peserta.
Catatan Fasilitator:
a. Mentor memperhatikan mana peserta yang kosentrasi, mana yang tidak.
b. Mentor dapat menambahkan kunci sukses game ini, adalah penggunaan emosi bukan logika. Biasanya peserta berusaha menebak dengan logika, bisa juga diceritakan konsep Men From Mars dan Women from Venus (John Gray). Kesamaan emosi dan hati yang tulus yang membuat kita sama.
c. Mentor juga dapat membuat pembahasan lebih mendalam dengan mengambil sampel beberapa peserta dan minta mereka menceritakan kenapa mereka sama suitnya ataupun beda suitnya..

No comments: