Ide-ide itu menyeruak hadir, tumpah lantah dan berserakan dimana-mana. Layaknya sebuah Kehadiran yang tiba-tiba, Sayapun tidak siap menyambutnya. Hanya beberapa saja yang dapat dikumpulkan untuk disatukan menjadi recik-recik bait pemikiran. Tulisan-tulisan ini belumlah sempurna, layaknya atom yang mencari lintasannya, tulisan ini juga terus berusaha mencari maqomnya menuju pencapaian penyempurnaan. Hanya harapan, semoga dapat tercerahkan dengan tulisan-tulisan yang tergerak muncul disini.

Sunday, December 23, 2012

ummat

Proses kaderisasi itu adalah proses membangun inti bangunan dari ummat, karena itu kita tidak mengetahui proses kaderisasi dengan baik karena kita tidak mengerti makna ummat sesungguhnya.
ummat ini disebut-sebut dalam Alqur'an, kalimat ummat dalam Alqur'an itu memiliki beberapa arti.


Ummat memeliki 4 unsur:
1. Unsur misi/risalah/manhaj/metodologi
2. Unsur Pemimpin
3. Unsur basis masa/masyarakat
4. Unsur waktu


Memahamami ummat ini jauh lebih penting daripada semua teori tentang gerakan dakwah manapun, mehamami ummat berarti kita memahami manhaj.
Memahami kata ummat berarti kita memahami kata khairul ummat (Ummat terbaik) yang dialumnikan dari proses kaderisasi yang baik.


Nabi Ibrahim disetarakan dengan ummat, maksudnya satu nabi ibrahim sekaliber dengan sekelompok orang.
Dulu pernah Saad bin abi waqosh mengatakan tentang komandan pasukannya dalam perang qodisia namanya Alqo'qo bin amr, Inna shouta alqoqoi lakhoirun min alfi rojul. Sesungguhnya suara Alqoqo lebih baik dari seribu orang prajurit. baru suaranya itu.
Jadi pemimpin itu mengumpulkan semua kebaikan dalam masyarakat awam, kebaikan yang berserakan itu berkumpul dalam satu orang.


Ummat itu dimulai dari seorang pemimpin yang datang membawa misi tertentu, kemudiann membina orang-orang dan kemudian orang-orang itu mengikuti manhaj yang dibawanya lalu terbentuklah komunitas dalam kurun waktu tertentu.
Allahu’alam...

No comments: